Memahami Standar Produk

Panduan singkat untuk standar produk untuk eksportir ini adalah bagian dari Seri Pengetahuan Pengangkutan Shipa untuk usaha kecil.

Apa itu Standar Produk?

Standar produk dirancang untuk memastikan keamanan, kompatibilitas, dan konsistensi. Jika suatu produk telah memenuhi standar, biasanya berarti produk tersebut telah lulus uji yang menunjukkan bahwa produk tersebut memenuhi persyaratan keselamatan dan kualitas tertentu. Ini juga berarti kompatibel dengan produk dan infrastruktur yang ada. Misalnya, steker item listrik harus sesuai dengan soket listrik setempat, atau selembar kertas cetak harus berukuran tepat untuk printer standar.

 

Mengapa Standar Produk Penting Bagi Eksportir?

Perusahaan yang mematuhi standar dapat memiliki keunggulan kompetitif, dan juga dapat lebih mudah bagi mereka untuk memasuki pasar baru. Saat Anda mengekspor, produk Anda mungkin harus memenuhi standar tertentu agar diizinkan masuk ke negara tersebut. Standar berbeda dari satu negara ke negara lain, dan penting untuk memahami batasan dan persyaratan pasar target Anda sebelum Anda mulai mengekspor.

 

Apakah Standar Wajib?

Beberapa standar produk bersifat wajib dan lainnya bersifat sukarela, meskipun produk selalu harus mematuhi undang-undang suatu negara atau wilayah. Standar produk sukarela dapat menjadi cara untuk menunjukkan bahwa produk Anda memenuhi persyaratan hukum, tetapi Anda juga dapat memilih untuk menunjukkannya dengan cara yang berbeda. Standar wajib dapat dikenakan jika hanya ada satu cara agar suatu produk dapat memenuhi persyaratan hukum.

 

Pasar yang berbeda memiliki pendekatan yang berbeda terhadap standar. Misalnya, sebagian besar standar produk Uni Eropa bersifat sukarela, meskipun Arahan Pendekatan Baru berlaku untuk jenis produk tertentu. Namun, jika Anda mengekspor ke China, ada standar produk wajib untuk 23 kategori produk. Jika produk Anda termasuk dalam salah satu kategori ini, produk tersebut harus memiliki tanda CCC (Sertifikasi Wajib China) untuk memasuki negara tersebut.

 

Apakah Ada Standar Produk Internasional?

Standar internasional dikembangkan oleh ISO, Organisasi Internasional untuk Standardisasi. ISO adalah organisasi non-pemerintah dengan keanggotaan 162 badan standar nasional yang berbagi pengetahuan dan mengembangkan standar sukarela. ISO telah menerbitkan hampir 22.000 standar internasional dan dokumen terkait. Anda dapat membeli standar dan pedoman di Toko ISO online, di mana Anda juga dapat mengunduh panduan gratis untuk memahami dan menerapkan standar.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Standar Produk Di Pasar Ekspor?

Banyak pemerintah memberikan panduan negara untuk membantu eksportir memahami persyaratan pasar baru, termasuk standar apa pun yang harus dipenuhi produk. Misalnya, Anda dapat menemukan serangkaian panduan ekspor di situs web pemerintah AS, dengan informasi spesifik tentang standar produk untuk setiap negara, termasuk standar produk Rusia, standar produk China, dan standar produk Arab Saudi. Anda juga dapat menemukan panduan negara pengekspor di situs web pemerintah Inggris, yang mencakup informasi tentang standar produk.

 

Banyak negara memiliki lembaga standar mereka sendiri, jadi ada baiknya juga memeriksa situs web mereka untuk informasi tentang standar yang harus dipenuhi produk Anda untuk memasuki negara tersebut, atau standar sukarela yang dapat membantu menjual produk Anda di pasar baru Anda.