Perbedaan Antara Asuransi Pengiriman & Asuransi Kargo?

Ada perbedaan penting antara asuransi pengiriman dan asuransi kargo, yang jika bisnis Anda bergerak di bidang pelayaran internasional, Anda harus menyadarinya.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara sederhana dan jelas apa perbedaan itu. Sederhananya, asuransi pengiriman melindungi pengirim barang. Asuransi kargo melindungi Anda, pelanggan.

Apa itu Asuransi Pengiriman?

 

Juga disebut asuransi tanggung jawab layanan pengiriman (FSL), asuransi pengiriman adalah salah satu dari beberapa biaya yang akan disertakan dalam kutipan pengiriman Anda. Yang terpenting, asuransi pengangkutan hanya melindungi perusahaan ekspedisi atau penyedia logistik terhadap klaim yang timbul dari kesalahan dan/atau kelalaian mereka.

Ini adalah asuransi kargo yang melindungi Anda, pelanggan, dan nilai barang yang ingin Anda kirim. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengandalkan asuransi pengiriman untuk menutupi nilai kiriman Anda.

Bahkan jika tindakan atau kelambanan pengirim Anda mengakibatkan kerugian atau kerusakan pada barang dalam perjalanan Anda, kompensasi yang diberikan oleh asuransi pengiriman kemungkinan hanya sebagian kecil dari nilainya.

Apa itu Asuransi Kargo?

Meskipun seringkali tidak wajib, asuransi kargo sangat penting jika Anda ingin melindungi nilai penuh barang yang ingin Anda kirim. Bergantung pada incoterms yang berlaku untuk transaksi jual/beli internasional dan tujuan pengiriman, pengirim atau pembeli bertanggung jawab untuk menanggung risiko kehilangan atau kerusakan kargo dan karenanya, atas keputusan untuk mengadakan asuransi kargo.

Seringkali, masing-masing pihak memiliki tanggung jawab untuk tahapan tertentu dari pengiriman yang sama. Silakan lihat artikel kami di Incoterms®, yang disebutkan sebelumnya, untuk informasi lebih lanjut.

Tingkat pertanggungan asuransi kargo didasarkan pada nilai barang yang diangkut. Oleh karena itu, nilai penuh dari kargo harus diasuransikan agar nilai tersebut dapat diganti jika terjadi kehilangan atau kerusakan.